Jumat, 29 Juli 2016

Panorama Indah Teluk Gilimanuk

Teluk Gilimanuk dan Taman Siwa Mahadewa - Teluk Gilimanuk merupakan salah satu destinasi pariwisata yang sedang dikembangkan di Gilimanuk. Objek wisata alam Teluk Gilimanuk menyajikan panorama hutan mangrove dan semenanjung Prapat Agung. Aktivitas wisata bahari seperti snorkeling dan diving dapat dilakukan, selain itu juga aktivitas menelusuri Teluk Gilimanuk, Pulau Kalong, Pulau Gadung, Pulau Burung dapat dilakukan dengan kanoing, water bicycle ataupun sampan yang dapat disewakan oleh masyarakat lokal.
Pemandangan Teluk Gilimanuk
Pemandangan Teluk Gilimanuk

Tak jauh dari area Teluk Gilimanuk terdapat sebuah taman yang indah yaitu Taman Siwa Mahadewa. Di Taman Siwa Mahadewa ini terdapat sebuah patung Dewa Siwa yang tingginya kurang lebih 10 meter. Di taman ini terdapat pula jogging track dan gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk rekreasi keluarga.

Patung Siwa di Taman Siwa Mahadewa

Gazebo di Taman Siwa Mahadewa

Teluk Gilimanuk dikelola oleh Dinas Lingkungan hidup di bawah Dinas Pariwisata, dengan Patung Siwa Mahadewa sebagai landmark dari Teluk Gilimanuk sendiri. Teluk Gilimanuk sangat berdekatan dengan Pelabuhan Gilimanuk dan Vihara Empu Astapaka dengan landmark Vihara yaitu Patung Buddha Gauttama. Pembangunan daya tarik wisata Teluk Gilimanuk berawal hanya dari lahan kosong, kemudian beberapa tokoh berkumpul untuk membangun tempat ini dan dengan beberapa perubahan arsitektur yang telah dibangun pada tahun 2014.
Hamparan teluk yang luas dengan tatanan taman disertai gazebo-gazebo dapat menarik wisatawan asing ataupun wisatawan mancanegara yang hendak mencari tempat beristirahat sebelum atau sesudah dari Pelabuhan Gilimanuk. Wisatawan pun dapat melepas penat bersama keluarga di tempat rekreasi ini. Selain itu, Teluk Gilimanuk berdekatan dengan daerah tujuan wisata lainnya seperti Karang Sewu, Museum Manusia Purba, dan Taman Nasional Bali Barat. Wisata kuliner juga dapat dilakukan di daerah Gilimanuk dengan makanan khas Gilimanuk yaitu ayam betutu dan ikan bakar dengan variasi harganya masing-masing. Fasilitas yang terdapat di Teluk Gilimanuk adalah rumah payung, MCK dan kamar bilas, kios souvenir.