Jumat, 29 Juli 2016

Keindahan Sunrise di Karangsewu

Keindahan Sunrise di Karangsewu - Karangsewu adalah sebuah lokasi di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dengan pemandangan berupa padang rumput luas yang teletak disekitar Teluk Gilimanuk. Masyarakat sekitar mengenal tempat ini dengan sebutan Pantai Karangsewu. Lokasinya berada di tepi pantai dengan landscape batuan karang sepanjang kurang lebih 200m garis pantai. Saat musim penghujan, tanah lapang di tepi pantai berselimut rumput berwarna hijau serupa lapangan golf. Namun ketika musim kemarau, rerumputan berubah warna menjadi coklat keemasan karena mengering. Terdapat di beberapa tempat tumbuh pohon Bekol (bidara) dengan dahan berbentuk paying yang bisa dijadikan tempat berteduh. Dari Karangsewu ini juga kita bisa melihat pemandangan sunrise (matahari terbit) yang indah.

Pantai, hutan mangrove, dan ekosistem padang rumput merupakan objek yang bisa dikembangkan untuk kegiatan wisata. Berbagai jenis kegiatan wisata dapat dilakukan, seperti wisata keluarga/piknik, mangrove tour, canoing, snorkeling, memancing, camping, birdwatching, cycling, dan kegiatan foto-foto atau prewedding juga dapat dilakukan disini. 

Karangsewu memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Selain karena pemandangan alamnya yang indah, dari segi pengelolaan, tempat ini masuk dalam zona pemanfaatan Taman Nasional Bali Barat. Aksesnya sangat mudah dan jalan masuk cukup lebar sehingga kendaraan besar maupun kecil dapat mencapai tempat ini. Tiket masuk untuk tempat ini masih relative dapat dijangkau oleh kalangan remaja hingga dewasa. Karangsewu berjarak sekitar 1 km dari Pelabuhan Gilimanuk kearah Denpasar.