Minggu, 26 Juni 2016

Profil Kelurahan Gilimanuk

Kelurahan Gilimanuk terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Desa ini memiliki jarak ±122 km dari pusat Kota Denpasar. Wilayah Kelurahan Gilimanuk terdiri dari 6 lingkungan, yaitu Lingkungan Jineng Agung, Lingkungan Asri, Lingkungan Asih, Lingkungan Arum, Lingkungan Samiana, Lingkungan Penginuman. 
Jumlah peduduk di Kelurahan Gilimanuk adalah 8.641 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 4.377 orang dan perempuan 4.264 orang. Jumlah KK di kelurahan ini berjumlah 2.491 KK. Mata pencaharian masyarakat Kelurahan Gilimanuk adalah nelayan, penyedia jasa, pedagang, pegawai negeri dan swasta serta buruh. Masyarakat Kelurahan Gilimanuk tidak ada yang berprofesi sebagai petani karena di desa ini tidak adanya lahan pertanian atau perkebunan karena kelurahan ini dikelilingi oleh hutan dan laut.

Masyarakat di Kelurahan Gilimanuk adalah masyarakat yang heterogen, yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Banyak masyarakat di kelurahan ini yang merupakan pendatang dari luar Pulau Bali, diantaranya dari Jawa, Madura dan Sulawesi. Di kelurahan Gilimanuk ini mayoritas masyaraktnya beragama Islam dengan jumlah 5.481 orang, kemudian masyarakat Hindu sebanyak 2.964 orang, Kristen 198 orang dan Budha 4 orang.

Untuk pendidikan, menurut data yang diberikan oleh Kepala Kelurahan Gilimanuk, di kelurahan ini terdapat 5 TK/PAUD, 5 SD/MIN, 2 SMP/MTS, dan 2 SMA/MA. Dan juga terdapat fasilitas kesehatan berupa satu unit Puskesmas dengan jumlah dokter 11 orang, perawat 10 orang, dan bidan 12 orang. Selain fasilitas pendidikan dan kesehatan, di Kelurahan Gilimanuk juga terdapat beberapa rumah ibadah, yaitu 6 Pura, 1 Masjid, 2 Gereja, dan 1 Wihara. 
Di Kelurahan Gilimanuk terdapat beberapa objek wisata yang menarik, yaitu Museum Purbakala, Teluk Gilimanuk, Taman Nasional Bali Barat, Karang Sewu, dan Pulau Kalong. Selain itu di Kelurahan Gilimanuk terdapat juga objek wisata religi, yaitu wisata religi Patung Budha di Vihara Empu Astapaka. Untuk wisata kuliner, di Kelurahan Gilimanuk terkenal dengan Ayam Betutunya 
Di kelurahan ini terdapat Pelabuhan Gilimanuk yang melayani penyeberangan feri ke Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur. Terdapat tugu naga yang diberi nama Gelungkori

 
Gelungkori

Karangsewu
Ayam Betutu
Patung Budha di Vihara Empu Astapaka

Teluk Gilimanuk